Belajar Membuat Web dengan html

Belajar Membuat Web dengan html


Hyper text markup language atau sering disebut sebagai HTML merupakan sebuah bahasa yang di gunakan membuat sebuah halaman web. umumnya jika kamu ingin membuat sebuah halaman web hal dasar yang perlu kamu pelajari adalah html ini.

Sampai saat ini versi terakhir dari html adalaha html5.  dalam html 5 terdapat beberapa perubahan darisebelumnya seperti penggunaan tag untuk layoutnya. serta untuk video, dan audio.

Penulisan html sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu kemampuan yang hebat. Kamu cukup untuk mempelajarinya di web-web yang yang menyediakan saja sudah cukup, serta saat ini juga banyak toturial-toturial pada website atau blog.

Baiklah kita sekarang akan menulisnya caranya buka notepad. Kemudian ketikan kode berikut :

<html>
<head>
<title>Belajar Membuat Halaman Web </title>
</head>
<body>
<center><h1> Hello WORD>>>>>>>!</h1></center>
<br /> <h3> INI ISI ARTIKEL </h3>
Saya sudah membuat halaman web
</body>
</html>

Kemudian simpan sebagai dengan nama belajar.html pilih save as type all file. setelah kamu simpan buka filenya menggunakan browser bisa firefox atau google chroome. Penggunaan tag head adalah untuk menulis properti file seperti judul, nama pengarang, deskripsi dan lainnya sedangkan dalam tag body merupakan tempat untuk menulis isi halaman web.

selanjutnya kamu bisa menggunkan kamampuan kreativitasmu untuk mempelajari kode-kode diatas. sebagai seorang yang pemula kamu jangan takut untuk mencoba, kesalahan adalah awal bagi kesuksesanmu. maka dari itu terus lah untuk mencoba. Pelajari semua yang kau tahu kemudian gabungkan dengan kreativitasmu. Jika kamu sudah menyerah pada saat pertama, kedua atau ketiga kalinya kamu akan gagal, dan sebaiknya kamu berhenti saja.

Setelah kamu bisa mengusai ini bahasa ini kamu bisa mempelajari CSS. untuk membat halaman web menjadi lebih berwarna. selanjutnya kamu bisa mempelajari PHP ataupun bahasa yang sejenisnya kemudian menggabungkannya dengan database. Namun untuk sekarang coba fokus untuk mendalami satu bagian terlebih dahulu. pelajari semua tag berserta fungsi-fungsinya yang ada pada html ini.

Jika kamu ingin mempelajari bagaimana membuat web saya akan memberikan sedikit saran atau rujukan untuk belajar membuat web. salah satu situs yang saya gunakan untuk belajar web adalah w3schools.com.

Menurut saya web itu sangat mudah untuk dipahami san juga paling lengkap. disana tertulis toturial membuat website dari penggunaan html sampai kepada database. Walaupun webnya berbahasa inggris tapi itu juga akan menambah kempuanmu dalam berhasa inggris. dan juga hampir semua bahasa perograman itu berbahasa inggris.

Kalau kamu tidak punya kouta untuk selalu online belajar dari web w3school kamu bisa mendownload web w3school versi OFFLINE disini. ukurannya juga cukup kecil hanya sekitar 2MB saja Jadi kamu akan selalu ada jalan untuk belajar.

Sekian dulu artikel saya kali ini jika ada yang ingin ditanyakan silakan masukkan berkomentar. semoga artikel

ini bermanfaat bagi kamu.

Thanks sudah berkunjung...! 

Previous
Next Post »