Mencabut baterai laptop saat digunakan

Mencabut baterai laptop saat digunakan


Apakah bagus kalau kita menggunakan laptop tanpa baterai dan langsung menggunakan charger.? Apakah berbahaya kalau memasang baterai dengan terus tetap di alirkan listrik meski beterai sudah penuh? baiklah kali ini saya akan membahas hal tersebut. 

jenis baterai laptop yang saat ini beresar secara luas yaitu Li-Ion atau Lithium-Ion. Li-Ion ini berkerja dengan cara mengalirkan ion dari anoda ke katoda melalui elektrolit da seperator. Ketika proses itu bekerja tentu akan menghasilkan energi dan menyebabkan kemampuan baterai akan berkurang secara bertahap. Saat kita melakukan proses charge, energi-energi akan membuat ion yang sebelumnya telah berpindah dari anoda ke katoda menjadi berbalik ke tempat semula. Inilah yang membuat baterai kitaterisi kembali.

Namun tidak selamanya proses charge bisa bertahan, seiring berjalannya waktu proses tersebut pelahan akan melemah kemudian terjadi dimana Ion akan terperangkap pada anoda. Ketika ion terperangkat maka akan menyebabkan baterai akan cepat habis. Bahkan perununan kemampuan proses tersebut sudah mulai melemah ketika baterai pertama kali di buat. 

Bagaimana atas pertanyaan Apakah bagus menggunakan laptop tanpa baterai..?.sebernarnya memang jika ingin baterai kita awet sebaiknya dicabut. Namun mencabut baterai mempunyai dampak yang buruk terhadap laptop. jika saja ketika menggunakan laptop tanpa baterai dan sesaat itu mati listrik. maka daya akan terputus langsung. hal inimenyebabkan jika kita sedang mengerjakaan dukomen maka tidak sempat menyimpannya dan juga sistem tidak siap. sehingga menyebabkan permasalahan pada motherboard dan hardisk. 

Berikut Tips untuk tetap menjaga performa baterai  laptop :

1. Jangan menghabiskan baterai hingga kurang dari 20%.
2. Habiskan baterai hingga 20% secara berkala, kemudian charge hingga penuh. Lakukan tindakan ini setiap beberapa minggu sekali.
3. Charge dalam voltase yang pas atau lebih rendah.
4. Meskipun laptop modern dapat memutus aliran listrik ketika baterai telah penuh, lebih baik Jangan tinggalkan baterai dalam kondisi charge

Demikianlah artikel tentang Baterai Laptop. (Jt)
Previous
Next Post »