Cara Melakukan Ping di cmd

Cara Melakukan Ping di cmd


Cara Melakukan Ping di cmd

Ping atau sebutan untuk Packet Internet Gopher memilki fungsi untuk memeriksa apakah komputer terhubungan dengan komputer lainnya atau memeriksa koneksi dengan sebuah server website. Dengan mengetikan perintah ping kita bisa melihat apakah komputer kita terhubung dengan komputer lainya atau pada sebuah server.

Untuk menjalankan perintah ping terlebih dahulu bukan menu run pada windows atau terminal pada linux.
Pada windows tekan tombol lambang windows pada keyboard kemudian tombol R tanpa melepas tombol windows. Selain itu kamu juga bisa membukanya dengan cara mencarinya pada menu search dengan nama aplikasi run.

Setelah terbuka ketikan "CMD" kemudian tekan enter. sebenarnya kamu juga bisa melakukan perintah ping pada menu run saja. Namun untuk lebih maksimal penggunaannya lebih baik menggunakan CMD. karena pada cmd bisa melihat properti perintah apa saja yang dapat dilakukan ping.

Cara penulisan perintahnya cukup mudah dengan mengetikan "ping [alamat Ip]" setiap komputer memiliki ip tersendiri. contoh kita akan mengecek ip 192.168.9.12 maka perintahnya "ping 192.168.9.12". Alamat ip tersebut bisa kita ganti dengan alamat sebuah website misal pada google. Caranya cukup ketikan "ping google.com".

Misal kita mengetikan perintah "ping google.com" Jika komputer terhubung maka akan terlihat tulisan seperti "Reply from 119.110.118.151: bytes=32 time=359ms TTL=58" Arti dari kalimat tersebut adalah :

Reply from 119.110.118.151 merupakan alamat ip dari google.com dan terdapat balasan dari google yang berarti komputer terkoneksi dengan server dari google.com.

bytes = 32 yaitu besar packet yang terkirim ke alamat tersebut.

time =359ms berati waktu yang diperlukan untuk dapat melakukan komunikasi.

TTL - 58 adalah time livenya sebersar 58.

Biasa juga terdapat tulisan "Request time out" yang berarti waktu untuk melakukan komunikasi telah habis. Jika yang muncul selain kedua kalimat diatas maka komputer tidak bisa terhubung.

Dalam perintah Ping terdapat beberapa opsi atau pilihan seperti -t untuk melakukan proses ping tanpa berhenti sampai kita hentikan prosesnya. lebih lengkap lihat fungsi properti atau pilihan yang bisa digunakan pada perintah ping :

1. -t untuk melakukan proses ping tanpa berhenti sampai kita hentikan prosesnya.
2. -a mencari nama host dari komputer tujuan.
3. -n count : melakukan ping dengan menentukan jumlah pesan yang dikirim.
4. -l size : mengirim paket dengan jumlah tertentu.
5. -f : menetapkan bahwa packet dikirim dalam header IP tanpa Fragmentasi.

Selain perintah diatas ada beberapa perintah lainnya. Untuk lebih lengkap mengenai peritah properti ini ketikan pada commandpromt "Ping /?". Maka akan ditampilkan semua pilihan yang bisa kamu gunakan.

Sampai disini dulu artikel tentang cara melakukan ping di cmd
Terimakasih sudah berkunjung.. and tetap semangat..
Previous
Next Post »