Macam - Macam Topologi Jaringan (LAN)

Macam - Macam Topologi Jaringan (LAN)

Topologi jaringan (LAN) merupakan suatu pola hubungan antara terminal atau workstation dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan.Sistem jaringan komputer dapat disusun berdasarkan beberapa topologi, antara lain :

1. Point to Point (titik ke titik)
Topologi ini merupakan topologi jaringan yang system kerjanya sangat sederhana tetapi dapat digunakan secara luas. Begitu sederhananya jaringan ini seringkali tidak dianggap sebagai suatu jaringan tetapi merupakan suatu komunikasi data.

2. Star Network (jaringan bintang)
Topologi jaringan Star adalah susunan jaringan komputer yang berbentuk bintang, dimana seluruh peralatan yang akan dihubungkan dipusatkan pada satu titik dan pusan ini juga yang akan mengatur lalu lintas data dalam satu jaringan. Menggunakan kabel aktif HUB sebagai pusat pendistribusian dan kabel UTP sebagai media transmisi, serta maksimal jarak 200m

3. Ring Network (jaringan cincin)
Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya dan akhirnya membentuk sebuah cicin atau lingkaran. Jaringan ini tidak memiliki satu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun lalu lintas data, semua simpul.node mempunyai tingkatan yang sama.

Data yang dikirim akan melewati beberapa simpul sehingga sampai pada simpul yang dituju. Disamping itu jaringan juga bisa bergerak dalam bentuk satu arah ataupun dua arah. Konfigurasi ini relative lebih mahal dari apabila dibandingkan dengan konfigurasi jaringan bintang. Hal ini disebabkan setiap simpul/note yang bertindak sebagai komputer akan bertindak mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya, serta harus mampu membagi sumber daya yang dimilikinya pada jaringan yang ada. Sistem ini lebih sesuai digunakan untuk system yang tidak terpusat.

Jenis kabel yang digunakan unshielded twisted pair (UTP), setiap kabel memakai jack RJ 45 dengan maksimal panjang kabel 180 meter.

4. Tree Network (jaringan pohon)

Pada jaringan ini terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat merupakan simpul yang paling tinggi tingkatannya yang dapat mengatur seluruh simpul yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu, karena topologi ini merupakan pengembangan dari topologi star.

5. Bus Network Konfigurasi ini merupakan konfigurasi berbentuk garis lurus dan cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer/simpul akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui interface (satu jalur).

Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang ada dalam jaringan dengan arti semua simpul mempunyai kedudukan yang sama. Jenis media yang digunakan adalah kabel coaxial 50 ohm dengan jarak panjang kabel maksimal 500 m. Pada setiap PC harus ditambah dengan NIC.

Previous
Next Post »