Contoh Program dan Penjelasan Perulangan pada C++


Contoh Program dan Penjelasan Perulangan pada C++


Perulangan yaitu sebuah pernyataa logika yang berfungsi untuk mengulang suatu pernyataan dan tentunya digunakan untuk mengulang blok blok kode sehingga suatu kondisi terpenuhi. kondisi tersebut berupa nila bisa angka, huruf atau true dan false.

Penulisan kode untuk logika perulangan ini ada tiga cara. yaitu

1. For
For merupakan salah sebuah kode yang digunakan untuk operasi perulangan. Dalam penulisan logika ini terdapat satu variabel yang mana sudah diberi nilai atau sudah ditentukan jumlah perulangannya. misal 5 kali mengulang program. Adapun struktur penulisannya yaitu :

Artikel sebelumnya : Contoh program C++ sederhana

for (int i=1; i<=10; i++){
//pernyataan
}

for () adalah pernyataan yang menandakan bahwa kode tersebut merupakan sebuah perulangan. int i=1; adalah sebuah deklerasi variabel bernama i, dan i bernilai 1,  kemudian i dimulai pada nilai 1. i<=10; artinya perulangan akan berakhir apabila nilai i sama dengan atau kurang dari 1. sedangkan untuk i++ adalah pertambahan nilai i setiap perulangan misal i = 1, maka akan ditambah 1 = 2, ketika i =2 ditambah lagi dengan 1 hingga kondisi terpenuhi yaitu i<1=0.  namun jika kamu ingin mengubah nila pertambahannya menjadi dua cukup dengan menulisnya menjadi i+2.

2. Perulangan While

perulangan while digunakan untuk mengeksekusi kode program yang mana meiliki kondisi benar. jika kondisi salah maka kode program tidak akan dijalankan. kode perulangan ini dapat digunakan untuk kondisi looping atau perulangan yang tidak akan berhenti.

misal
void main(){
int jumlah =1 ;
while (jumlah <=10){
cout<<"nolproject\n";
jumlah+=1;
}
}

3. Perulangan Do While

Cara kerja perulangan Do While adalah dengan memerikas pernyataan while apakah benar atau salah jika benar maka akan menjalankan kode yang berada pada kode do. agar lebih mudah untuk memahaminya cakup dengan mengartikan kata tersebut, While = ketika dan Do = lakukan.  maksudnya ketika(while) pernyataan benar maka lakukan(do) kode proram.

main() {
int number = 44;
int tebak;

cout<<"coba tebak angka 1 sampai 100\n";
do {
cout<<"Masukkan Angka : "; cin>>tebak;
}
while(tebak !=number);
}

Program diatas apabila dijalankan maka ketika kamu mamasukan angka selain angka 44 maka program akan mengulain untuk meminta untuk memasukkan angka. Namun jika memasukkan angka 44 maka program akan keluar. Seperti gambar dibawah ini.

Contoh Program dan Penjelasan Perulangan pada C++


Semoga Atrikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Unknown
admin
5/16/2016 ×

Nice info. Thanks

Reply
avatar
HANIF
admin
11/22/2016 ×

Terima Kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
1/04/2017 ×

info yang nice gan kunjungi My Blog makasih gan!!

Reply
avatar
iin
admin
12/13/2017 ×

artikelnya sangat bermanfaat makasih

Reply
avatar
Unknown
admin
6/03/2018 ×

Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
My blog
My Campus

Reply
avatar