Cara Cepat Mencari Ebook dan Dokumen pada Google

Cara Cepat Mencari Ebook dan Dokumen pada Google


Bagi kamu yang hobi membaca ebook atau yang hanya ingin mencari materi pembelajaran sekolah atau untuk keperluan lainya. Maka cara ini sangat tepat untuk digunakan. Seperti yang sudah kita ketahui google adalah sebuah perusahaan raksasa yang bergelut dibidang teknologi. Salah satu produk layanannya yang paling terkenal adalah google serch engine atau google pencarian yaitu sebuah mesin penelusuran untuk mencari informasi apapun yang kita butuhkan.

Namun tahukah kamu kalau google search engine ini memiliki salah satu fitur yang sangat bermanfaat untuk mencari file dokumen seperti file pdf, dokumen word doc, excel, xls, power point ppt, dan file txt serta berbagai format dokumen lainnya dengan cepat.

Sekarang saya bisa menebak pikiran anda " Bagaimana cara menggunakan fiturnya" Benar kan..?. sebenar sangat mudah. Cukup ketikan filetype:pdf pada akhir kata percarian.

Misal kamu ingin mencari dengan kata kunci "analisis bisnis". Kamu hanya perlu menambahkan kata filetype:pdf jika kamu mencari file pdf atau filetype:ppt kalau mau mencari file powerpoint, namun kalau kamu format lain yang perlu kamu lakukan hanya menggantinya sesuai keinginanmu. Setelah ditambahkan maka kata kunci pencarian menjadi "analisis bisnis filetype:pdf".

Setelah kita ketika makan akan keluar hasil pencariannya seperti gambar berikut.

Cara Cepat Mencari Ebook dan Dokumen pada Google


Google akan langsung mengarahkan link kefile tersebut. Sehingga ketika kamu mengklik maka akan langsung mendownload file tersebut. Bagaimana mudah bukan dan sangat berguna agar cepat untuk mencari dokumen sebagai bahan referensi. Semoga tulisan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Thanks.. sudah berkunjung di blog saya.. :D

Jika menurut sobat artikel ini sangat bermafaat. Silakan bagikan artikel ini dengan mengklik salah satu tombol disamping atau dibawah artikel ini.


Previous
Next Post »