Pendeklarasian Tipe Data Variabel pada C++


Pendeklarasian Tipe Data Variabel pada C++


Variabel merupakan suatu karakter, simbol ataupun deklerasi yang memiliki nilai atau data. Misal variabel "angka" bisa diberi nilai 1, 2 dan sebagainya. Dalam C++ nama Variabel bisa di awali dengan huruf, angka dan "_" underscore atau garis bawah. Namun tidak boleh diawali dengan angka dan keyword pada C++ seprti, For, and, if or, while, break, case, goto dan lainnya yang termasuk keyword.

Nama variabel bersifat case sensitif artinya penggunaan huruf besar dan kecil akan berpengaruh. Sebagai contohnya variabel Nama aka berbeda dengan variabel NaMa. kedua variabel tersebuat akan dianggap berbeda. Penulisan yang seperti demikian juga tidak dianjurkan karena akan mudah terjadi kebingungan dan kesalahan dalam melakukan proses selanjutnya.

Pada bahasa pemrograman C++ semua variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan pada penulisan kode-kode berikutnya dan bukan hanya pada C++ namun juga terhadap bahasa pemrograman lainnya. Adapun tujuan pendeklarasian variabel yaitu :

1. Menentukan tipe dan nama variabel. Tipe data berguna bagi compiler untuk menerjemahkan perintah-perintah program dengan benar.

2. Memungkinkan compilir untuk menentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk variabel-variabel tersebut.

Beberapan tipe penggunaan variabel yang umu dipakai diantaranya :

1. Int
Variabel dengan tipe ini dapat menyimpan nilai angka baik bersifat negatif maunpu positif. Namun terdapat batasan nilai yang diperbolehkan yaitu antara -32768 sampai 32767.  contoh tinggi = 12; atau data = -40; dan sebagainnya.

2. Float
Tipe variabel yang dapat menyimpan semua bilangan real dan bilangan pecahan desimal. Jangkauan dari tipe ini tergantung pada sistem komputer yang di gunakan. Contoh phi = 3,14;  atau jumlah = 12,5; dan lainnya.

3. Char
Char adalah sebuah tipe variabel yang berfungsi untuk menyimpan 1 karakter data atau sebuah huruf. misal jenkel = "L"; , Untuk menyipan nilai yang lebih dari 1 karakter atau biasa disebut string pada bahasa pemrograman lain kama dapat menggunakan Array contoh Nama[25] atau nama [] = "Nol";
berikut conhtoh program :
Pendeklarasian Tipe Data Variabel pada C++
Kode proram

Pendeklarasian Tipe Data Variabel pada C++
Hasil program



Artikel sebelumnya :
Contoh Program dan Penjelasan Perulangan pada C++
Contoh Program C++ sederhana
Array Dua Dimensi


Previous
Next Post »