Penjelasan Rumus Fungsi Excel IF, AND dan OR Lengkap



Tahukan kalian Fungsi IF pada excel..? salah satu fungsi yang sangat berguna dalam proses logika. 
sama pada kebanyakan bahasa pemrograman. fungsi IF merupakan rumus logika yang berati true dan false atau benar atau salah. Waktu SMP dan SMA kalian tentu pernah belajar matematika yang mana materi seperti "Jika A maka B maka C" atau "Jika Benar DAN Benar maka benar", dan lain sebagainya.

Materi Matematika seperti itulah fungsi IF pada excel disini. misalkan kamu ingin menghitung nilai jika nilai sama denaan atau lebih dari 80 maka lulus. untuk menghitung hal tersebut pada excel maka digunakan rumus ini. Tulisan rumus dari masalah tersebut yaitu :

misal nilai 80 terletak pada cell E4.
=IF(E4>=80;"LULUS";"TIDAK LULUS")

bentuk umum fungsi IF :  =IF(kondisi;TRUE;FALSE)
keterangan :
Kondisi : yaitu sebuah pernyataan logika seperti jika nilai lebih dari 80 atau kurang dari 80 dan lainya;
TRUE adalah pernyataan apabila kondisi bernilai benar disini kita menggunakan kondisi E4>=80 atau 
jika E4 kita beri nilai 87 maka benar E4 lebih dari 80, maka apa yang akan kita tulis ketika kondisi benar disini kita menulis LULUS. jika kamu menggunakan huruf maka wajib menggunakan tanda petik dua. Namun jika menggunakan angka tidak perlu menggunakan titik dua.
FALSE adalah kebalikan dari TRUE. yaitu apa yang akan kita tulis jika pernyataan salah.

Pemahaman tentang penggunaan operator adalah kunci penting untuk bisa mengoperasikan Fungsi IF.  operator digunakan pada pernyataan kondisi seperti kurang dari, lebih dari dan sebagainya, oleh karena itu saya juga sampaikan mengenai penggunaan operator. berikut pernyataannya :

>  lebih dari 
>=lebih dari atau sama dengan
< kurang dari 
<= Kurang dari atau sama dengan
= sama dengan
<> tidak sama dengan

Kemudian masuk ke penjelasan AND dan OR. Fungsi dari kedua logika "AND" dan "OR" sama dengan terjemahan dari kata tersebut "DAN" dan "ATAU". Sebelumnya saya jelaskan diatas jika kamu pernah belajar materi matematika tersebut maka akan lebih mudah untuk memehaminya. Pada penjelasan kali ini saya kelanjutan dari Fungsi IF. Jadi kamu harus benar-benar memahami Fungsi IF di atas. 

Fungsi IF yang saya terangkan diatas hanya menggunakan 1 kondisi. Penggunaan AND dan OR akan menambah pernyataan kodisi ini bisa menjadi dua kondisi atau lebih. contoh masalah yang berhibungan dengan OR dan AND. Jika Nilai Matematika kamu diatas 70 dan nilai IPA diatas 80 maka kamu lulus. 

Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan rumus :
misal nilai Matematika terletak pada E5 dan nilai IPA pada F5

Penjelasan Rumus Fungsi Excel IF, AND dan OR Lengkap


=IF(AND(E5>=70;F5>=80);"LULUS";"TIDAK LULUS")

bentuk umum rumus :   =IF(AND(kondisi1;kondisi2);TRUE;FALSE;

keterangan 
kondisi1 dan kondisi2 : adalah pernyataa kondisi disini saya menggunakan E5=>70 untuk kondisi pertama dan F5>80 untuk kondisi kedua. Kamu bisa saja menambah kondisi lainnya yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan antar kondisi dengan titik koma ";". 
TRUE dan FALSE sama seperti perjelasan sebelumnya. jika TRUE atau  bernilai benar apa yang akan kamu tulis. dan sebaliknya

Penggunaan logika OR. Dalam hal penulisan rumus sama saja dengan logika AND. Namun hanya fungsinysa saja yang berbeda. berikut saya jelaskan perbedaan AND dan OR.

AND : jika salah satu kondisi benilai salah maka pernyataan juga bernila FALSE atau salah
            pada contoh diatas Matemakita diberi nilai 60 dan IPA diberi nila 100. Hasil nya adalah tertulis TIDAK LULUS karena nilai Matematika kurang dari 70.

OR  : jika salah satu kondisi bernilai salah dan yang lainnya bernilai benar maka pernyataan akan di anggap benar. Matematika = 60, IPA = 100 hasilnya adalah LULUS;

Demikianlah penjelasan tentang Rumus Fungsi Excel IF, AND dan OR. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan berkomentar.


Previous
Next Post »