Cara Mengembalikan File yang di Sembunyikan oleh Virus


Cara Mengembalikan File yang di Sembunyikan oleh Virus


File kamu hilang akibat virus atau kamu ingin memeriksa apakah ada file yang tersembunyi pada flashdisk. kadang banyak virus yang menyebabkan data tidak terdeteksi atau disembunyikan oleh virus. Ciri-ciri file yang di hidden atau disembunyikan oleh virus adalah ketika kita lihat properti flashdisk volume flasdiks masih berisi tetapi ketika dilihat pada explorer file tidak ada.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk memerika file tersebut  cara pertama dengan menggunakan os linux. karena perbedaan OS membuat virus tidak bisa dijalankan pada linux kecuali virus tersebut diracang untuk pengguna linux namun hal tersebut tidak mungkin. Bukannya tidak mungkin tapi kemungkinan virus dibuat untuk linux sangat kecil. ketika flashdisk di tancapkan pada komputer dengan os linux pada file yang disembunyikan oleh virus dan file virusnya sendiri akan terlihat. kemudian kita bisa menghapus virus tersebut.

Cara kedua dengan mengatur file explorer. Caranya

1. Jika kamu menggunakan windows 7 atau windows xp dan versi kebawah. Buka explorer pilih menu view --> option ---> pilih show hidden files, folders and drives kemudian klik ok.
2. Jika kamu menggunkan windows 8 atau window 10 caranya perhatikan gambar dibawah.

Cara Mengembalikan File yang di Sembunyikan oleh Virus


Kemudian cara yang ketiga dengan menggunakan CommandPromt (cmd).  Dengan menggunakan cdm ini pun juga terbagi menjadi dua cara, yaitu menggunakan perintah DIR dan ATTRIB.

Yang pertama saya akan membahas menggunakan perintah DIR. Cara ini cukup sulit bagi yang tidak terbiasa menggunakan cmd. Namun disini saya cuma sekadar men-share turorial saja, mungkin untuk menambah pengetahuan kamu. Saya juga tidak terlalu menganjurkan cara ini. Untuk mempersingkat tulisan ini langsung saja berikut caranya :

1. Buka cmd. caranya tekan tombol windows atau start + R pada keyboard. kemudian ketik cmd maka akan terbuka aplikasi CommandPromt (cmd).
2. Setelah cmd terbuka pindah ke drive yang ingin kamu cek foldernya caranya ketik "E:"  jika flashdisk kamu berada pada drive E. Kemudian ketikan  "DIR /ah" untuk melihat file yang tersembunyi.
3. Muncul daftar file yang tersembunyi tadi
4. Setelah terlihat kita hapus file virus dengan cara
del -f namafile.exe /ah
ciri-ciri virus biasanya file dengan format exe atau bat dan juga ink bagian dari virus. serta juga hapus file autorun.inf jika ada.  namun tidak semua format tersebut merupakan virus. Kalau kamu ingin menghapus file yang lain kamu cukup mengganti filename dengan file yang ingin kamu hapus. Perintah del adalah untuk menghapuh, -f artinya force atau faksa. jika menggunakan perintah -f ini maka sistem akan memaksa untuk menghapus file. /ah huruf a artiya artibut atau propeti dari file kemudian h adalah hidden atau tersembunyi. Jadi kalau /ah berarti file yang memiliki artibut hidden.

5. Atau dengan memindahkan data kita dengan cara

Move namafile.pdf  ../namafolder

keterangan :
jika ingin memindahkan folder namafile.pdf diganti dengan direktori folder misal ada folder data pada drive E kemudian akan dipindahkan ke folder Pribadi yang jug terletak pada drive E caranya : move ../data ../Pribadi/  kalau hanya diluar atau didalam drive E saja ganti ../Pribadi/ dengan ../ saja.

Sekarang coba buka lagi explorer untuk melihat hasilnya. apakah masih tersembunyi. Jika masih, maka lanjutkan ke cara yang berikutnya.

Cara keterakhir yang saya ketahui. Yaitu masih dengan cmd namun lebih simple kamu cukup mengetikan perintah Attrib. Silakan buka cmd dan masuk ke drive yang ingin di ubah seperti langkah ke 1 di atas. kemudian ketikan perintah ATTRIB -S -R -H

Sekarang coba kembali lihat flashdisk kamu. Semua file sudah kembali terlihat. Kamu tinggal pilih yang file mana yang ingin kamu amankan atau file yang ingin kamu hapus.



Previous
Next Post »