Cara Mudah Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi

Cara Mudah Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi


Bagaimana cara menyembunyikan file atau meng-Hidden file..?

Sebenarnya apa sih tujuan untuk menyembunyikan file?. Tentunya agar tidak ada orang lain melihat atau mengetahui file  atau dokumenmu, dengan kata lain kamu menjaga privasi agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Menjaga privasi ini cukup penting karena jika ada orang lain yang pernah atau bisa mengetahui data kamu, kemudian dia menggunakan datanya untuk melakukan kejahatan, atau melakukan sesuatu dengan data itu untuk kepentingan dirinya yang merugikan kamu. Akhirnya tentu akan kamu akan dirugikan dan juga akan membahayakan kamu.

Salah satu cara untuk menjaga privasi data pada sebuah komputer yaitu dengan menyembunyikan atau dengan hidden file tersebut. Adapun cara yang lainnya bisa dengan membuat password pada file tersebut ataupun dengan mengubah atribut atau hak aksesnnya. Beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang kedua hal tersebut.

Kemudian cara untuk menyembunyikan filenya cukup mudah tanpa harus mengistall aplikasi luar, cukup dengan aplikasi bawaan windows Explorer. Perhatikan langkah-langkah berikut :

1. Buka explorer.

2. Jika kamu menggunakan windows 7 kebawah pastikan dulu pengaturan sistemnya dengan cara :

view  --> option ---> pilih  show hidden files, folders and drivers kemudian klik ok.

3. Namun jika kamu menggukan windows 8 atau windows 10.

Cara Mudah Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi


4. Setelah itu  klik kanan file yang akan di sembunyikan lalu klik properti

5. centang tersembunyi atau hidden.

selesai..!
Sekarang coba kamu lihat file tersebut patsi sudah tidak terlihat lagi lagi. Untuk mengembalikan file agar terlihat kembali cukup lakukan kebalikan dari langkah no 2 atau 3.

Bagaimana cukup mudah bukan. dan privasi kita akan terjaga.
Previous
Next Post »