Contoh Program C++ sederhana

Contoh Program C++ sederhana


C++ adalah salah satu bahasa pemrograman berorentasi objek dan merupakan perkembangan dari bahasa C. bahasa C++ sendiri memiliki sedikit perbedaan dengan bahasa C namun untuk beberapa sintak juga ada yang sama.

Perbedaan mendasar pada kedua bahasa tersebut ialah C++ berorentasi pada objek untuk menyelesaikan masalah sedangkan bahasa terdahulunya yaitu berorentasi  pada proses.

Kembali ke topik utama. Membuat program untuk C++. Aplikasi atau program yang akan kita buat kali ini adalah kalkulator sedehana. Dengan pengunaan variabel dan percabangan if-else.
#include <conio.h>
#include <iostream>

using namespace std;
float a,b;
char c;
main(){
ulang:
cout<<"\n--------------------------------------------\n";
cout<<"Masukkan angka ke 1 = "; cin>>a;
cout<<"Masukkan angka ke 2 = "; cin>>b;
cout<<"pilih pengoperasian (+,-,/,*)= "; cin>>c;

if (c=='+')
 cout<<a+b;
else if(c=='-')
 cout<<a-b;
else if(c=='*')
 cout<<a*b;
else if(c=='/')
 cout<<a/b;
else
cout<<"tidak ditemukan";
getch();
goto ulang;
}

Saya menggunakan Aplikasi DEVC++ sebagai kompilernya namun jika kamu menggunakan Borland++ maka hilangkan kode using namespace std; dan tambahkan kode pada #include <iostream> menjadi #include <iostream.h>. Berikut adalah kode yang akan kita tulis :

kode : #include <iostream> dan #include <conio.h> adalah sebagai bagian dari proses kompilator.
kode #include memberitahukan kompilator untuk memuat kode yang terdefinisi atau dideklerasikan oleh berkas atau file iostream. biasanya iostream digunakan untuk proses cin dan cout serta lainnya.

kemudian untuk pendeklerasian variabel yaitu pada kode float a,b; yang mana memuat dua variabel yaitu variabel a da variabel b dengan tipe float. serta pada char c.

if (c=='+')
 cout<<a+b;
else if(c=='-')
 cout<<a-b;
else if(c=='*')
 cout<<a*b;
else if(c=='/')
 cout<<a/b;
else
cout<<"tidak ditemukan";

kode diatas adalah sebuah algoritma percabangan. Sedangkan maknanya ialah jika c sama dengan + maka uotputnya adalah variabel a ditambah variabel b begitu seterusnya. Dalam pembuatan program nantinya kode percabangan inilah yang sering digunakan. Walaupun masih ada pilihan seperti switch-case. Serta beberapa kode untuk perulangan yang juga banyak digunakan. Mari kita bahas percabangan ini lebih dalam.

bentuk umum if adalah

If (kondisi){
pernyataan
}

jika kondisi bernilai benar maka program akan mengeksekusi atau menjalankan pernyataan. Namun bagaimana jika bernilai tidak benar atau salah. oleh kerena itu diadakannya peranyataan else. Jadi ketika kondisi bernilai salah maka program akan menjalankan pernyataan dari kode else. bentuk umumnya :
    If (kondisi){
 pernyataan1
}    else {
 pernyataan2
}

Bukan hanya proses percabangan saja yang harus dikuasi. tetapi juga operator logika seperti sama dengan, lebih dari, kurang dari, tidak sama dengan serta banyak lagi lainnya.

Sedangkan kode getch(); adalah kode untuk mengambil keyboard yang ditekan. apakah ada atau tidak.

Demikianlah penjelasan singkat yang dapat saya berikan jika ada yang masih tidak jelas atau kurang mengerti silakan ditanyakan pada kolom komentar. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Previous
Next Post »