Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP Lengkap


Excel salah satu aplikasi besutan Microsoft. Biasanya merupakan satu paket dengan Word dan powerpoint dan yang lainnya. Jika word menangani pengolahan dokumen, powerpoint membuat file presentasi jadi lebih mudah. Sedangkan excel Memiliki segudang fungsi dalam pegolahan data. Salah satu fungsinya VLOOKUP dan HLOOKUP yang akan saya bahas pada artikel ini.

Tahukah anda HLOOKUP DAN VLOOKUP sangat berguna dan akan membantu dalam efiseinsi waktu ketika pemasukan data. Fungsinya ialah mengambil data dari sebuh tabel yang sudah diisi datanya. Kita tidak perlu menuliskan data lagi ketika sudah ada data.

misal terdapat sebuah data pegawai seperti gambar berikut.

jika kita ingin mengambil data no telp dan alamat saja maka akan kita gunakan rumus VLOOKUP DAN HLOOKUP ini.

Bentuk umum rumus :

=VLOOKUP(Nilai_yang_akan_dilihat; Tabel_referensi;kolom_yang_diambildatanya; Nilai(False/True))
contoh penulisan rumusnya :

Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP Lengkap



=VLOOKUP(E15;C8:H11;2;FALSE)

keterangan :
E15 = data yang akan dicocokan atau disesuaikan
C8:H11 = nama tabel referensi
2 = maksudnya mengambil dua kolom dari tabel
false = tidak mengambil data terdekat
true =  mengambil data terdekat


Table tidak hanya berupa Cell kita juga bisa menamainya seperti data1 caranya perhatikan gambar berikut :

Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP Lengkap

Setelah tabelnya diganti dengan nama. Proses penulisannya akan lebihmudah dan Kalau ingin menggunakan fungsi ini di sheet lain kamu hanya perlu menuliskan
rumus misal =VLOOKUP(E15;Data1;2;FALSE)

Kemudian apa fungsi HLOOKUP..? sama seperti VLOOKUP namun mengambil data tabelnya secara Horizontal.

Apa sudah bisa memahami fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP ?. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan berkomentar.
Previous
Next Post »