Pengertian dan Manfaat VPN (virtual Private Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat VPN (virtual Private Network) pada Jaringan Komputer


Pengertian dan Manfaat VPN (virtual Private Network) pada Jaringan Komputer

Virtual Private Network atau biasa disingkat dengan VPN merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer melalui internet secara private. Biasanya kalau hanya untuk menghubungkan komputer yang jumlahnya tidak terlalu banyak bisa memakai kabel atau wirless. Namun bagaimana kalau komputernya banyak dan tempatnya juga berjauhan. misal untuk menghubungkan kota A dan kota B, kalau memakai kabel pastinya akan memakan banyak biaya. Nah dari itu munculah teknologi VPN atau Virtual Private Network.

Sebuah server dibangun untuk menghubungkan antar pengguna. Kemudian pengguna masuk ke server tersebut melalui jaringan internet dengan authentication biasanya memakai username dan password. setelah melalui authentication tersebut baru bisa terbuhung dengan pengguna lainnya sesuai dengan hak akses yang diberikan.

Menggunakan internet sebagai media penggubung menjadikan pengguna bisa mengakses komputer dari jarak yang jauh. Walaupun menggunakan internet keamanan data akan tetap terjaga karena memakai enskripsi dan authetication, sehingga hanya pengguna terdaftar saja yang bisa masuk kejaringan VPN. Dengan menggunakan enskripsi data yang terkirim disandikan atau diacak sehingga data akan terjamin keasliannya dan mengurangi kemungkinan pencurian data.

Manfaat penggunaan VPN (Virtual Private Network) pada jaringan antara lain :

1. Dapat membentuk jaringan yang tidak terbatas tempat dan waktu karena menggunakan internet sebagai media koneksi antar komputer.

2. Penggunaan VPN dapat mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan pembuatan jaringan menggunakan kabel.

3. Bisa menghubungkan banyak server dan pengguna atau host.

4. Memberikan kemudahan untuk di akses dari mana saja kerena menggunakan internet sebagai media penghubungnya.

5. Meskipun menggunakan internet keamanan data tetap terjaga karena menggunakan enskripsi dan authentication.

Selain hal tersebut jaringan dengan VPN juga berfungsi menjadikan jaringan private pada saat browsing di internet. Serta biasanya juga dapat mengakses konten-konten ataupun website yang diblokir pada suatu negara.

Lalu Bagaimana cara menghubungkan komputer pada suatu jaringan VPN..? Kamu bisa membaca artikel : Membuat Koneksi VPN pada Windows.

Pengertian dan Manfaat VPN (virtual Private Network) pada Jaringan Komputer.

Previous
Next Post »