Pengertian dan Konsep Dasar Komputer

Pengertian dan Konsep Dasar Komputer




Assalamu alaikum....!

Pengertian Komputer menurut beberapa ahli

Menurut Oxford English Dictonary (OED2) edisi kedua  mengartikan bahwa komputer adalah sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi  yang dinyatakan dalam bentuk numeric dan logika

Sedangkan menurut Wikipedia komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Menurut Sandres Komputer merupakan suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instuksi-instruksi yang telah tersimpan dalam memori.

Menurut VC. Hamacher dkk, Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi

Komputer berasal dari kata compute yang berarti menghitung. Pada awalnya kate compute tersebut menggambarkan orang yang melakukan perhitungan aritmatika baik menggunakan mesin atau tanpa mesin. Kemudian kata ini dipindah artikan menjadi mesin itu sendiri. Pada akhirnya berkembang menjadi multifungsi yang ada pada saat ini.

Komponen utama yang terdapat pada sebuah komputer terbagi menjadi empat komponen yaitu
1.  Perangkat Input
2.  Perangkat Proses
3.  Perangkat Output
4.  Perangkat Penyimpanan

a. Perangkat Input
Perangkat Input berfungsi sebagai media masukan data atau perintah-perintah ke dalam komputer yang berupa perangkat keras atau hardware. contoh perangkat input yang paling sering digunakan antara lain keyboard, mouse, touch screen, scanner dan sensor serta microphone.

b. Perangkat Proses
Perangkat proses yang sering sisebut sebagai CPU atau central Procesing Unit yang merupakan otak dari sebuah komputer. CPU ini melakukan pekerjaan utama seperti proses perhitungan, logika, kontrol dan mengatur hubingan antar komponen hardware.

c. Perangkat Output
Perangkat Outpu atau keluaran merupakan hardware yang berfungsi mengimplementasikan hasil dari proses pengolahan data. bisa berbentuk perangkat keras seperti kertas hasil print dan berupa softcopy atau hanya tampil pada monitor serta juga bisa berupa suara, seperti tulisan, gambar, video dan musik.

d. Perangkat Penyimpanan
Media Penyimpanan atau memori terbagi menjadi dua macam yaitu penyimpanan volatile dan media nonvolatile. Penyimpanan volatile artinya media penyimpanan yang mampu menyimpan data ketika terdapat aliran listik. Namun setelah aliran listrik itu hilang maka data akan terhapus kembali contah penyimpanan volatile adalah RAM atau Random Access Memory.

Sedangkan penyimpanan nonvolatile adalah sebuah penyimpanan yang apabila listik hilang maka data akan tetap ada. contohnya seperti hardisk, ROM, Memory card(Micro SD, Mini SD dan lainnya).


Previous
Next Post »