10 Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Cara mengatasinya

10 Penyebab Komputer Menjadi Lambat


10 Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Cara mengatasinya

Assalamu alaikum..
Selamat siang sobat blogger..

Komputer sudah menjadi kebutuhan setiap orang yang perlu untuk dipenuhi. Tuntutan pekerjaan untuk selalu bekerja dengan cepat dan efisien merupakan salah satu faktor meningkatnya penggunaan komputer.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan komputer yang juga cepat. Walaupun memiliki komputer yang bisa dikatakan sudah memilki komponen yang cepat namun kadang kita tetap saja merasakan lambatnya. Apa saja yang Menyebabkan komputer menjadi lambat.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja komputer. diantaranya :

1. Kekurangan Memory RAM
Minimnya memory RAM (Random Access Memory) yang terpasang pada komputer menjadi faktor utama lambatnya kinerja komputer. RAM berfungsi sebagai media sementara untuk menyimpan proses yang sedang berlangsung.

Cobalah cek berapa RAM yang terpasang pada komputer kamu. Salah satu cara untuk mengetahui kapasitas RAM dengan membuka menu run (windows + r) kemudian ketikan msinfo32 disana terdapat Installed Physical Memory (RAM) dan nilainya. Sebaiknya jumlah RAM yang terpasang adalah 2 GB.

Bagi yang ingin membeli sebuah komputer baru. saya sarankan memilih komputer dengan prosessor i5 atau i7 dengan RAM sebesar 4GB atau paling tidak intel i3 dengan ram 4GB.

2. Banyaknya Program yang terinstall
Banyaknya program juga meperlambat komputer. Selain memakan memori pada Drive C juga ketika Start up atau waktu menghidupkan komputer, komputer akan mengscan semua program yang terinstall terlebih dahulu sehingga akan memberatkan kinerja komputer.

Cara mengatasinya dengan menghapus program-progam yang tidak begitu bermanfaat. serta jangan kebanyakan menginstall aplikasi. seperti menginstall adobe Master collection yang mana kita hanya memakai photoshop saja. Misalnya juga menginstall semua program microsoft office, Tapi sebenarnya kita hanya menggunakan word,excel dan powerpoint saja. Selain itu gunakanlah program-program yang portable seperti photoshop portable tidak perlu untuk menginstallnya.

3. Banyaknya Program StartUp
Seperti yang saya sampaikan diatas terlalu banyak menginstall program akan memberatkan ketika start up. Kalau progamnya cukup diperlukan sehingga tidak bisa meng-uninstallnya. Setidaknya kita bisa menghentikan programnya berjalan ketika start up.

Untuk mengatasinya buka menu RUN(windows + r) kemudian ketikan msconfig, buka tab start up kemudian pilihlah program mana yang ingin dinonaktifkan.

4. Temporary File yang sudah sesak
File temporary atau file sementara. Lokasi file ini biasanya terletak pada "C:\Users\Namauser\AppData\Local\Temp\". Untuk membersikah file temporary ini bisa menggunakan aplikasi CCcleaner ataupun AdvancedSystem care pro.

5. Karena banyaknya program Antivirus ataupun program keamanan lainya.
Jangan berlebihan dalam menginstall antivirus atau program keamanan lainya kerena akan membuat komputermu menjadi semakin lambat karena antivirus akan menscan file secara real time. seperti menginstall dua atau tiga program antivirus. Kamu hanya perlu mengistall cukup satu antivirus saja Namun disarankan agar sering meng-update antivirusnya.

6. Hardisk Bermasalah
Selain RAM hardisk juga cukup berbengaruh pada cepat lambatnya kinerja komputer. Diantara masalah yang terdapat pada hardisk biasanya :

­ hardisk low space, Hardisk yang hampir penuh sehingga berkurangnya kapasitas hardisk.
­ hardisk yang tidak terfragmentasi, file-file tidak teratur.
­ hardisk yang sudah lama, sehingga rpm­nya menurun.
­ hardisk error / bad sector

7. Adanya virus atau malware pada komputer.
Terkena virus dapat menyebabkan komputer berjalan dengan lambat karena virus tersebut telah masuk kefile system dan mengganggu aktifitas komputer secara normal. Kalau virus ini sudah berdiam di komputer sebaiknya scan menggunakan antivirus, kalau virusnya masih ada sebaiknya jalankan system restore.

8. Adanya File-file system yang rusak atau hilang
Akibat adanya virus maka bisa menyebabkan file system pada komputer menjadi rusak bahkan hilang karena telah dihapus oleh virus tersebut. Cara yang terbaik untuk mengatasinya dengan merepair file-file tersebut.

9. Hardware yang overheat
Masalah overheat biasanya terjadi pada Hardisk vga card dan prosessor atau cpu. Masalah ini tentunya akan mempengaruhi kinerja komputer seperti terjadinya hang ataupun adanya lag pada komputer.

10. Konektifitas pada jaringan
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
11/13/2015 ×

kebetulan PC saya sudah berumur 8 tahunan dan sekarang sering lemot karna di instal linux dan windows sekaligus. Terima kasih infonyaa

Congrats bro Dina Istiqomah you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar