Bahasa Pemrograman Java cara kerja dan Prosesnya


Java Merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorentasi objek. yang diperkenalkan oleh Sun Microsystem sekitar tahun 1995 dan dapat dijalankan hampir disemua Sistem Operasi (Multiplatform).


Bahasa Pemrograman Java cara kerja dan Prosesnya


http://java-rise.blogspot.com/



       Kali ini saya akan mebahas bagaimana cara kerja java. Pada bahasa pemrograman java dituliskan dalam file teks yang disimpan dengan nama file yang sama persis dengan nama classnya serta diberikan ekstensi (*.java). Misalnya MyProgram.java atau facebook.java atau bisa juga Gratissss.java heheee... Nah dari file tersebut kemudian di kompile dengan compiler java (javac) sehingga akan menghasil satu file lagi dengan ekstensi (*.class). Baiklah.. contohnya lagi tadi sudah dibuat file MyProgram.java terus kita kompile file tersebut maka akan muncul file MyProgram.class.

     Dari file MyProgram.class tadi akan dijalankan oleh Java Virtual Machine (JVM). dengan menggunakan java launcer tool (java). Jika digambarkan akan seperti ini :

http://java-rise.blogspot.com


      Apa itu Java Virtual Machine (JVM)..?  JVM adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus agar terlepas dari ketergantungan perangkat keras serta sistem operasi tertentu. JVM menyediankan lingkungan kerja yang di butuhkan untuk menjalankan aplikasi berbasis java serta mengotomatiskan fitur-fitur seperti penanganan masalah. Pada intinya JVM adalah software agar kita bisa menjalankan file java di berbagai sistem operasi.

    Dengan adanya java Virtual Machine (JVM) ini program java yang telah dibuat dapat di jalankan di berbagai komputer dengan arsitektur dan Sistem Operasi yang berbeda.

http://java-rise.blogspot.com/


Platform java memilki dua komponen yaitu

1. Java Virtual Machine (JVM) sebagai dasar bagi platform java yang berjalan diatas sistem operasi.

2. Java Aplikation programming Interface (API) merupakan kumpulan kode java siap pakai untuk berbagai keperluan seperti untuk user interface, Networking dan sebagainya.

http://java-rise.blogspot.com


Yahh.. Cukup sampai disini dulu untuk Artikel  Bahasa Java Programming Cara Kerja dan prosenya... Wassalam.. :D

Previous
Next Post »