Jenis- Jenis Malware yang Perlu di Ketahui

Jenis- Jenis Malware yang Perlu di Ketahui


Jenis- Jenis Malware yang Perlu di Ketahui

Malicious Software atau malware merupakan Semua macam program, makro atau script yang dapat dieksekusi dan dibuat dengan tujuan untuk merusak atau menyusupi sistem komputer

Virus : Suatu program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara mengkopikan bagian dirinya ke dalam program yang diinfeksi. Virus dapat menyebar dengan menggunakan otorisasi dari setiap user yang menggunakan program terinfeksi. Setiap program yang telah terinfeksi dapat berkelakuan sebagai virus. ( Fred Cohen ).

Worm : Suatu Program yang mengkopi dirinya sendiri ke HANYA memory komputer dan menyebarkan diri melalui jaringan komputer. Perbedaan mendasar dari worm dan virus adalah, apakah menginfeksi target code atau tidak. Virus menginfeksi target code, tetapi worm tidak. Worm hanya berada di memory.

Trojan horse : Trojan Horse umumnya diproduksi dengan tujuan jahat. Trojan Horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya mereka dibawa oleh utility program lainnya, kemudian ”bersembunyi” di dalam komputer. Lalu pada saat yang ditentukan program ini akan bekerja atau menjalankan program perusaknya.

Rootkit : Teknik program malware yang didesain untuk menolak usaha penghapusan atas dirinya.

Backdoor : Program yang dirancang untuk melewati autentifikasi pengguna dan menyediakan akses untuk masuk ke dalam sistem komputer orang lain tanpa diketahui.

Spyware : dibuat untuk keperluan memperoleh informasi mengenai pengguna komputer, menampilkan pop-ad iklan, mencari info perilaku/kegemaran pengguna untuk kepentingan finansial.

Dishonest adware : serupa spyware tetapi tampilannya seolah-olah hanya sekedar iklan.

Selain hal diatas terdapat juga istilah seperti Botnet, Keystroke logger, Web threats atau Data-stealing malware dan Dialler.
Previous
Next Post »