Cara Mudah Mengatur menu dropdown pada blog Lengkap

Cara Mudah Mengatur menu dropdown pada blog Lengkap


Cara Mudah Mengatur Menu Dropdown pada Blog Lengkap

Pada sebuah blog yang baik terdapat suatu menu dropdown yang berguna memudahkan bagi pengunjung yang ingin mencari sebuah informasi menarik yang terdapat pada sebuah blog. Dengan adanya menu-menu tersebut tentunya juga memudahkan penulis atau pemilik blog dalam mengklasifikasikan atau mengkategorikan artikel-artikel yang ditulis.

Bagi pengguna blog baru mungkin akan sedikit kesulitan untuk membuat sebuah menu dropdown. Banyak template-template yang telah menyediakan menu dropdown tersebut, kita tinggal memilih saja template yang sesuai dengan keinginan.

Walaupun telah disediakan kadang masih saja kesulitan untuk mengubah nama-nama yang ada pada menu dropdown tersebut. Nah kali ini saya akan membahas semua tentang mengatur menu tersebut.

Langsung saja buka dashboard blog kamu kemudian masuk ke menu template. Kemudian klik Edit HTML.
blogger template

Disini kita disediakan sebuah lembar kerja yang berisikan kode-kode yang menyusun blog. Pada Kode editor tersebut kita bisa menambahkan dan menghapus fungsi dan kode yang terdapat pada blog. untuk mengedit menu dropdown kita bisa langsung mencari kode "<nav " dengan menekan Ctrl + f kemudian tuliskan kode tersebut. Pastikan kalian menemukan struktur kode yang mirip dengan gambar dibawah :

blogger kode editor

Coba bandingkan dengan hasil pencarian. kode pada menu biasanya banyak terdapat kode seperti <li> atau <ul>. Setelah itu saatnya kita mengubah kode tersebut disini saya ambil kode "<li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/Programming'>Programming</a></li>" pada tulisan Programming yang berwarna hitam dapat kamu ubah sesuai dengan kategori yang kamu inginkan.

Sedangkan pada Alamat url "http://nolproject.blogspot.com/search/label/Programming" kamu bisa mengubahnya dengan mengganti http://nolproject.blogspot.com dengan alamat blog kamu. kemudian pada Kata Programming nya ganti dengan label yang kamu tulis pada saat membuat postingan. lihat gambar :
Label pada Postingan

Sementara itu untuk membuat sub menu seperti gambar dibawah :
Menu Dropdown

Maka edit atau tambahkan kode :
<li><a>Downloads</a>
<ul class='sub-menu'>
<li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/Games'>Games</a></li>
  <li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/Aplikasi'>Software</a></li>
  <li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/ebook'>E-book</a></li>
</ul></li>

Sama seperti sebelumnya kamu bisa mengubahnya. misal saya disini menambahkan menu video. maka kode tersebut saya tambahkan menjadi :

<li><a>Downloads</a>
<ul class='sub-menu'>
<li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/Games'>Games</a></li>
  <li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/Aplikasi'>Software</a></li>
  <li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/ebook'>E-book</a></li>
 <li><a href='http://nolproject.blogspot.com/search/label/video'>Video</a></li>
</ul></li>

Sekarang cobalah untuk membuat menu dropdownnya dengan kreasimu. kalau sudah selesai klik simpan kemudian lihat lagi blog kamu. Taraaa... blog sudah ada menu dropdownnya. ketika diklik akan muncul semua postingan dengan kategori atau label yang sama.

Biasanya ketika diklik salah satu menu tersebut terdapat tulisan "Showing posts with label . . . " kalau kamu merasa tulisa tersebut tidak penting kamu bisa menghapusnya dengan cara yang telah saya tuliskan pada ertikel saya sebelumnya tentang cara menghapus "Showing posts with label .... Show all posts "

Previous
Next Post »