Mengenal Komponen Komputer

Mengenal Komponen Komputer


Komputer merupakan alat yang sudah tidak asing lagi bagi kita . hampir setiap orang sudah mempunyai komputer pribadi. Tapi hanya sedikit orang yang mengetahui komponen apa saja yang terdapat dalam komputer. untuk itu saya akan memberikan gambaran umum mengenai komponen-komponen yang terdapat dalam komputer teresbut.

 A> Input Device (alat masukan)
      Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer. Data-data yang dimasukan dapat berupa signal input atau maintenance input.

Alat-alat input yang biasa kita kenal :
 1. Keyboard
 2. Pointing device (Mouse, touchscreen, light pen)
 3. Scanner
 4. sensor (camera)

 B> Media Proses/ Central Procesing Unit (CPU)
      CPU atau central procesing unit ini merupakan komponen paling utama dari sebuah komputer. Tugasnya melakukan pekerjaan utama seprti proses, perhitungan, logika, kontrol dan hubungan kinerja antar komponen. perangkat utamanya ialah processor dan Chipset. secara umum CPU memilki dua bagian yaitu :

 1. Aritmatic & Logical Unit (ALU) ALU berfungsi untuk melakukan operasi - operasi aritmatika dan logika sesuai dengan perintah program.

 2. Control Unit (CU) berfungsi mengatur peralatan input(masukan) dan output(keluaran).

 C> Output Device (Alat keluaran)
        Merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil dari pengolahan data. keluaran dapat berupa hardcopy contohnya kertas maupun softcopy contohnya tampil dimonitor atau sebagai suara.

 D> Storage Device (Alat Penyimpanan)
1. Media Penyimpanan volatile Media ini hanya bisa menyimpan data ketika ada aliran listrik. setelah aliran listrik tidak ada maka data akan hilang. contoh RAM (Random Access Memory).

2. Media Penyimpanan nonvolatile Adalah media penyimpanan yang bisa menyimpan data walaupun tidak ada aliran listrik. contoh ROM(Read Only Memory), Hardisk, flopidisk.

 Thanks sudah mampir...:D
Previous
Next Post »