Membuat tulisan Arab di Windows




Pagiii. Sobat... 
Hari ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat tulisan arab di komputer. Mungkin dari sobat ada yang kebingungan cara untuk menulis arab di komputer. atau hanya sekadar ingin tau saja juga boleh. sebagai orang yang beriman tentunya sudah sepantasnya kita bisa menulis dan membaca Al-Qur'an.

     Saya yakin sobat sudah biasa menulis tulisan arab di kertas namun bagaimana jika di komputer. saya akui walaupun saya sering membaca Al-qur'an dan menulis di buku tulis tapi kalau menulis di komputer dengan tulisan arab memang cukup sulit. Alasan pertama karena keyboard yang saya miliki biasa untuk menulis alpabet "QWERTY" gitu. jadi memang agak sedikit berbeda dengan tulisan arab. kedua karena kurang terbiasa saja.

     Baiklah tanpa banyak tulis lagi saya akan menjelaskan bagaimana car nya. Ada dua cara. cara yang pertama dengan aplikasi dan yang kedua dengan mengatur system windowsnya

Cara yang pertama :

download aja aplikasi Arabic Pad. aplikasi ini portable jadi tidak perlu install. dan ukuran filenya cuma 40 KB. sangat kecil bukan.

Solidfiles dan Mediafire

Cara yang kedua :
1. buka Control panel (windows 7,8) atau setting (windows 10) . pilih menu region & language  atau language saja pada windows 7,8. Klik add Language

2. Kemudian tentu saja pilih Arabic.



3. Selesai.. Sekarang coba sobat tulis di notepad atau yang lainnya. untuk mempermudah tekan tombol windows dan space untuk berganti bahasa.

cara kedua ini sudah saya coba di windows 8.1 dan windows 10.

Bagaimana mudah bukan jika ada yang ditanyakan mengenai postingan tentang Membuat tulisan Arab di Windows silahkan tuliskan di komentar..





Previous
Next Post »