Mengubah Folder htdocs pada Xampp


xampp


Mengubah Folder htdocs pada Xampp


Bagi kamu yang suka mengutak-atik kode program atau kamu seorang programmer pastilalh tau apa itu xampp. aplikasi yang menurut saya wajib ada untuk membuat program baik itu web atau desktop. 

banyak fitur yang ditawarkan oleh xampp diantaranya yang paling penting adalah mysql dan apache. mysql sebagi databasenya dan apache sebagai server lokal. Server lokal biasanya sangat berguna untuk seorang developer website karena kita bisa menjalakan server side scripting atau kode yang di proses disisi server. 

Biasanya setelah install xampp folder default untuk localhost adalah /xampp/htdocs. Mungkin kamu ingin mengubahnya ke folder atau drive yang berbeda. caranya cukup mudah kok cari file httpf.conf yang terletak di /xampp/apache/conf/httpd.conf

buka file tersebut bisa menggunakan notepad, wordpad atau aplikasi editor lainnya.kalau saya menggunakan sublime text. kemudian cari kalimat

DocumentRoot "C:/xampp/htdocs"
<Directory "C:/xampp/hatdocs">

yang terletak pada baris ke 243. kemudian addressnya dari C:/xampp/htdocs menjadi misalnya D:/web setelah selesai maka akan terlihat seperti berikut :

httpd.conf on apache xampp


Sekarang kamu coba buka xampp dan hidupkan apachenya. buka browser dan ketikkan url localhost atau 127.0.0.1 jika benar maka akan tampak seberti gambar di bawah.

index of localhost


Demikian cara untuk mengubah folder htdocs untuk xampp
Previous
Next Post »