Hal yang dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Programmer

http://nolproject.blogspot.com/


Bagaimana cara menjadi seorang programmer yang profesional..?
ada banyak hal atau kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi programmer.

Dalam dunia perkomputeran kita mengenal banyaknya bahasa yang di gunakan dalam pembuatan program seperti PHP, javascript, HTML, CSS untuk pembuatan program web. dan juga
seperti java, C, C++, pascal, ruby dan lainnya untuk pembuatan apikasi berbasis desktop. serta MySQL dan SQL server sebagai database.

Sebagai seorang programmer tentunya sulit atau mungkin mustahil mengusai seluruh bahasa pemrograman tersebut. karena struktur yang berbeda-beda. minimal menguasai satu bahasa pemrograman dan satu database. bahasa pemrograman bisa diumpamakan seperti bahasa yang kita gunakan.. seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.. contoh : bahasa Inggris go sama saja artinya keluar dalam bahasa Indonesia. begitu juga dengan bahasa pemrograman  misalnya bahasa C++
cout>>"hello"; sama dengan perintah system.outprint("hello"); pada java atau echo "hello" pada PHP yaitu sama-sama mmeberi perintah untuk mengeluarkan output hello.

Namun dalam pemilihan bahasa tidak terlalu penting karena setiap bahasa memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Adapun kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer antara lain :


  1. Penalaran logika yang baik agar bisa mengatasi setiap program yang error


http://nolproject.blogspot.com/


        Dalam proses pembuatan program sering sekali kendala yang dihadapi oleh seorang pemrogrammer ialah bagaimana mencari solusi agar bisa mengatasi masalah yang dihadapi, saat ada program yang error bisa menyelesaikannya dengan mudah. biasnya dalam pemilihan suatu logika seperti untuk melakukan perulangan apakah harus pakai for atau while  dan penggunaan logika percabangan apakah harus pakai swicth case atau if saja. serta masih banyak lagi logika yang harus dipahami.

  2. Teliti dan Konsisten

       Ketelitian adalah yang yang harus dimiliki seorang programmer.. kenapa..?
sering kali terjadi error dalam pembuatan aplikasi hanya karena lupa menulis sysmbol ";" titik koma.
dan ketika itu terjadi akan membuang waktu lagi untuk mencari masalah yang dihadapi. Oleh karena itu ketelitian ini sangat penting.

       sedangkan konsisten sifat seorang programmer harus bisa belajar dalam satu bahasa saja dan belajar dalam waktu terjadwal. Terjadwal dalam artian harus bisa belajar mungkin 1 sampai 4 jam setiap hari. sehingga bisa terlatih dengan baik dan akan mempertajam ingatan tentang materi yang telah dipelajari. Jangan terlalu lama waktu belajar yang pertama dengan yang waktu belajar berikutnya, jika hal ini dilakukan akan susah mengingat kembali meteri yang dipelajari sebelumya.

  3.  Tidak Mudah Menyerah

         Dalam pembuatan  program tidak mungkin kita bisa menghindari yang namanya error. selalu saja ada error. Terkadang sangat sulit untuk mengatasi errornya atau mencari logika yang kita inginkan sehingga program berjalan dengan benar, seakan kita mau menyerah untuk menyelesaikan programnya. Namun disisi lain kita bisa bertanya pada beberapa forum tentang bahasa programan yang kita pelajari.

  4.  Memahami bahasa yang digunakan

seorang programmer harus benar benar bisa memahami bahasa programnya sendiri bagaimana penggunaan logika dan pengunaan variabel yang tepat dan lain sebagainya. bukan hanya sekadar tahu.kita juga harus memahami tipe vatibel, bagai mana outputnya, dan bagaimana prosesnya. misalnya dalam proses perulangan kita bisa menggunakan perintah for dengan batas tertentu atau tanpa batas perulangan(loop).

int i;    //variabel i dengan tipe  interger
for (i=1;i<=10;I++){   // melakukan perulangan dari 1 sampai 10 dengan kenaikan ditambah 1
cout<<i<<endl;            // menghasilkan output nilai dari variabel i
}

  5.  Ada Kemauan untuk Belajar Sendiri

     Memang dalam mempelajari bahasa pemrograman bisa menjalani dengan akademik misalkan perkulihan atau juga dengan kursus. namun hal itu tidak menetukan berhasilnya atau tidak untuk menjadi programer tanpa adanya kemauan untuk belajar. Dari pengalaman yang pernah saya alami dari perkulihan mungkin hanya 50% saja yang bisa saya ambil. sisanya saya mempelajari dari banyak sumber di internet dan dari berbagai forum. untuk itu bukan mustahil tanpa harus belajar diakademik bisa menjadi seorang programmer.



kemampuan seorang programmer, menjadi programmer, syarat programmer.

game terrria 1.2.4 gratis
Previous
Next Post »